Sekcam Bojongsari Tegaskan Pembinaan Usaha Agar Lebih Tepat Sasaran

UMKM  

DEPOK -- Sekretaris Kecamatan Bojongsari, Rizal Farhan menegaskan, pembinaan usaha terutama pelatihan-pelatihan terkait pengembangan usaha di Bojongsari agar lebih tepat sasaran. Hal tersebut disampaikan Rizal usai berdiskusi dan menerima pengurus UMKM Bosama (Bojongsari Maju Bersama) periode 2022-2024, Kamis (20/10/2022) lalu.

Disinyalir ada beberapa kegiatan yang tidak langsung menyentuh pelaku usaha dalam hal ini UMKM yang ada di Bojongsari. Padahal kegiatan yang sudah diprogramkan dan didukung pemerintah tersebut, diharapkan bisa meningkatkan kapasitas pelaku usaha di wilayah Bojongsari.

Beberapa waktu lalu, misalnya digelar pelatihan fotografi di salah satu kelurahan. Namun pelatihan yang jumlah pesertanya terbatas itu, tidak semuanya diikuti oleh pelaku usaha. "Pelatihan fotografi itu sangat bagus dan memang dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Karena mereka bisa belajar membuat foto produk yang bagus untuk produk yang mereka hasilkan. Jadi pelatihan fotografi bukan untuk selfie," ujar Erma Sulistyaningsih, salah seorang pengurus Bosama.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari diskusi itu, sekcam Bojongsari menyayangkan jika pelatihan-pelatihan terkait dunia usaha tidak fokus, sehingga tidak tepat sasaran. Rizal pun menyampaikan tidak menutup kemungkinan pelatihan yang memang bersifat sangat teknis terkait pengembangan usaha dilakukan pembinaan khusus saja.

"Bisa dijadwalkan untuk pembinaan khusus, diambil alih ke kecamatan saja pelatihan-pelatihan semacam itu," ujar Rizal.

Dalam pertemuan dengan pengurus Bosama tersebut, Rizal didampingi oleh Kasi Ekbang Kecamatan Bojongsari, Yuni Astuti. Rizal berharap program Bosama ada yang bisa disinkronkan dengan program di Kecamatan Bojongsari. "Kita tahulah yang ada di Bosama ini bukan abal-abal. Semua pelaku usaha," ujarnya.

Pengurus UMKM Bosama, berpose di depan Kantor Kecamatan Bojongsari bersama Sekretaris Kecamatan Bojongsari Rizal Farhan dan Kasi Ekbang Yuni Astuti.
Pengurus UMKM Bosama, berpose di depan Kantor Kecamatan Bojongsari bersama Sekretaris Kecamatan Bojongsari Rizal Farhan dan Kasi Ekbang Yuni Astuti.

Dalam kesempatan itu, Ketua UMKM Bosama, Andi Nur Aminah yang biasa disapa Ina, datang didampingi sejumlah pengurus dan penasehat komunitas UMKM Bosama. Mereka bersilaturahim sembari menyampaikan sejumlah rencana program yang akan dilaksanakan.

Ina mengatakan, UMKM Bosama siap berkolabarasi dengan pemerintah kota Depok, khususnya melalui Kecamatan Bojongsari. Sejumlah program peningkatan kapasitas pelaku usaha terutama untuk anggota Bosama, telah dirancang. "Insya Allah, kami ingin teman-teman di Bosama bisa lebih ditingkatkan kualitas SDM nya, lebih melek pada dunia digital yang saat ini sudah era-nya, melek literasi, karena semuanya akan bermuara pada peningkatan promosi penjualan," ujarnya. (*1)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image