Jawara Depok Pertanyakan Larangan Buka Puasa Bersama oleh Presiden Joko Widodo

Kabar  

DEPOK -- Ketua Umum Jaringan Wirausaha Depok, Ubaidilah mempertanyakan larangan buka puasa bersama bagi ASN dan pejabat yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Ubaidillah mengatakan, buka puasa bersama selain untuk mempererat tali silaturrahim juga dapat menghidupkan ekonomi para UMKM khususnya usaha kuliner.

“Bisa dibayangkan, jika dalam beberapa tahun ini para UMKM tercekik karena pandemi, harus merasakan lagi pahitnya Ramadhan akibat larangan buka bersama. Karena tentunya pada UMKM terutama sektor kuliner berharap banyak mendapat pesanan dari pada pejabat atau ASN," ungkap Ubaidilah.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kegiatan buka bersama di kalangan pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah kali ini ditiadakan. Larangan buka bersama itu tertuang pada surat Surat Sekretaris Kabinet Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 tentang arahan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama yang telah dikonfirmasi Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada Rabu (22/3/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dilansir dari lembaran surat surat pada Kamis (23/3/2023), alasan Presiden melarang kegiatan buka bersama bagi pejabat dan ASN adalah karena saat ini penanganan Covid-19 masih dalam masa transisi dari pandemi menuju ke endemi.

Keputusan ini tentu menuai pro kontra di masyarakat. Karena baru saja presiden menyaksikan konser Deep Purple 11/3/2023 lalu atau sebelumnya konser Dewa 19 di awal Maret lalu. Hal ini tentu kontras karena buka bersama dan konser tentu sama-sama menimbulkan kerumunan massa.

Ubaidillah mengatakan, seharusnya pemerintahpun tegas melarang konser jika hal tersebut dianggap membahayakan kesehatan masyarakat.

Jawara Depok memiliki member tidak kurang dari 5.000 orang, yang 80 persen lebih merupakan usaha kuliner. Ubaidilah berharap larangan tersebut dibatalkan. "Kini saatnya UMKM bangkit dan mendapat rezeki dari kegiatan buka puasa bersama" kata Ubaidilah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image