Ketua UMKM Bosama Apresiasi Pelaksanaan Lebaran Depok

Kuliner  
Ketua UMKM Bosama, Andi Nur Aminah atau Ina (paling kiri).
Ketua UMKM Bosama, Andi Nur Aminah atau Ina (paling kiri).

DEPOK -- Lebaran Depok yang sedang berlangsung di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Sabtu (20/5) memasuki hari terakhir. Ketua UMKM Bojongsari Maju Bersama (Bosama), Andi Nur Aminah pun mengajak warga Jabodetabek khusus warga Depok untuk berbondong-bondong datang ke lokasi Lebaran Depok. Acara ini digelar di perumahan Garden at Candi Sawangan, Bojongsari dan berlangsung sejak Rabu (17/5) lalu.

Perempuan yang akrab disapa Ina ini mengatakan, ada banyak hal yang bisa disaksikan di Lebaran Depok. Di hari terakhir ini, mulai dari pagi telah dilaksanakan pawai arak-arakan. Kemudian dilanjutkan dengan madang bareng atau rantangan, atraksi seni dan hiburan, dan seremoni penutupan Lebaran Depok.

"Hari ini penutupan acaranya. Namun rangkaian kegiatan masih berlangsung hingga malam hari. Ayo, yang belum datang ke Lebaran Depok, jangan sampai ketinggalan karena banyak hal yang bisa kita saksikan di acara ini," ujar Ina.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selama empat hari, ratusan pelaku usaha termasuk dari anggota UMKM Bosama berpartisipasi sebagai peserta bazar. Panitia menyiapkan 300 tenda untuk para pelaku usaha dan melaksanakan aktivitas jual beli di arena tersebut.

Bazar dari anggota UMKM Bosama menurut Ina diikuti oleh pelaku usaha baik produk kuliner maupun nonkuliner. Produk-produk yang ditawarkan antara lain kuliner khas dari Makassar seperti coto makassar, es pisang ijo, kue bagea dan lainnya. Ada juga takoyaki, dimsum, es oyen, sosis bakar, kebab, seafood, aneka minuman juga beragam kue-kue. Ada juga produk berupa baju kaos bertema Lebaran Depok dan tema lainnya.

"Kegiatan bazar seperti ini akan menggerakkan perekonomian dan tentu saja menjadi kesempatan besar untuk kawan-kawan UMKM mempromosikan produknya dan melebarkan jaringan," ujar Ina.

Ina pun mengapresiasi Pemerintah Kota Depok yang telah menyelenggarakan Lebaran Depok. Acara ini merupakan event tahunan sebagai rangkaian HUT Kota Depok yang sudah dilaksanakan untuk ketiga kalinya di Kecamatan Bojongsari.

"Kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya melestarikan tradisi. Di acara ini kita jadi tahu, seperti apa kebiasaan orang-orang Depok khususnya mempersiapkan diri di Hari Raya Idul Fitri. Sebagai warga perantauan yang sudah menjadi warga Depok, saya sangat mengapresiasi dan senang ikut merasakan acara ini," ujar perempuan berdarah Bugis ini.

Ina mengatakan masyarakat terutama generasi muda saat ini bisa mengetahui tradisi dan budaya orang-orang dulu dari perhelatan Lebaran Depok. Menurutnya, ada banyak hal baik yang bisa dipetik dari budaya masa lampau. Termasuk juga kekhasan budaya kuliner Nusantara.

"Semua itu terefleksikan kembali di ajang Lebaran Depok. Untuk kulinernya di sini ada kuliner khas Betawi seperti dodol, kerak telor, laksa, es selendang mayang dan lainnya. Tapi ada juga aneka kuliner dari daerah lain seperti dari Aceh, dari Sulawesi, dari Padang atau daerah lainnya," ujarnya. (*1)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image