Bacaleg Nasdem Ini Dukung Pers Menjadi Penguak Fakta di Lapangan

Kabar  

DEPOK -- Berbagai permasalahan yang memimpa insan pers ikut menjadi perhatian salah satu calon anggota legislatif dari Partai Nasdem, Eis Rahmawati. Pada peringatan Hari Pers Sedunia yang diperingati setiap tanggal 3 Mei, Eis cukup terperangah mengetahui fakta dan data banyaknya kasus-kasus yang menimpa insan pers di Indonesia khususnya di Depok.

Saat menghadiri peringatan Hari Pers Sedunia yang dilaksanakan Panpel Sekber Wartawan Kota Depok, Bacaleg NasDem Dapil 6 SaBoCi ini mengaku senang dan bisa hadir.

'Insya Allah saya akan mendukung insan pers Depok dalam berkegiatan, khususnya Sekber Wartawan Depok sehingga Pers dapat menjalankan peran sebagai rumah penjernih informasi dengan disiplin kerja dan profesional. Sehingga tetap menjalankan peran jurnalistiknya sebagai penguak fakta di lapangan," ujar Eis Rahmawati belum lama ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Eis mengatakan, besar harapannya agar kita sebagai bangsa Indonesia bisa mengeluarkan pendapat ( hak bersuara) sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Hal itu sebagai salah satu upaya mencerdaskan bangsa.

Mengutip data Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia sepanjang tahun 2022 menunjukkan jurnalis masih menjadi target pembungkaman. Menurut catatan AJI pada 2022, ada 61 kasus serangan terhadap jurnalis dengan jumlah korban mencapai 97 orang.

Tiga Mei diperingati sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia. Dalam waktu yang bersamaan Reporters Without Borders (RSF) merilis daftar indeks kebebasan pers dunia 2023. Dalam daftar itu Indonesia berada di peringkat 108 dari 180 negara yang disurvei, yang menandakan masih cukup terkekangnya kebebasan pers Indonesia. Peringkat Malaysia (73) dan Timor Leste (10) bahkan jauh lebih baik dibanding Indonesia.

Dibandingkan tahun 2022 yang berada di posisi ke-117, peringkat Indonesia tahun ini sebenarnya membaik. Meskipun demikian jurnalis Indonesia masih berada dalam situasi sulit ketika menjalankan kerja-kerja jurnalistiknya. Hal itu dicatat oleh AJI Indonesia.

"Saya ucapkan Selamat Hari Pers se Dunia, semoga Pers Indonesia khususnya Kota Depok semakin berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan merawat demokrasi Pancasila," ujarnya. (*1)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image