PNJ dan Jawara Depok Gelar Pelatihan Penggunaan Aplikasi SIAPIK

Kabar  

JAKARTA -- Sebanyak 50 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) anggota Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok mendapat pelatihan tentang penggunaan aplikasi SIAPIK. Aplikasi SIAPIK adalah sebuah aplikasi pencatatan keuangan yang cukup menggunakan handphone saja.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber yang juga dosen akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Desyria Pratiwi. Pelatihan berlangsung pada Senin (7/8/2023) di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dengan mengusung tema “Pelatihan dan Pendampingan Sistem Laporan Keuangan Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) Bank Indonesia”.

Kegiatan dalam rangka Pengabdian Masyarakat Program Studi D4 Akuntansi Keuangan Jurusan Akuntansi PNJ ini merupakan tahun kedua dari rencana tiga tahun. Ini merupakan kerjasama PNJ dengan Komunitas Jawara Depok.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak seperti pada tahun pertama yang hanya terbatas bagi anggota Jawara di Kecamatan Cinere, kegiatan yang dibuka oleh Wakil Direktur Bidang Adminisrasi dan Umum PNJ, Titi Suhartati, ini diikuti oleh anggota Jawara dari tiga kecamatan yakni Beji, Cinere, dan Depok. Hal ini sesuai dengan rencana dan harapan PNJ dan pihak Jawara, agar penerima manfaat kegiatan pengabdian masyarakat ini makin luas.

Menurut ketua pengabdian Masyarakat Prodi D4 Akuntansi, Utami Puji Lestari, kegiatan tahun kedua ini ditujukan sebagai salah satu upaya PNJ turut serta meningkatkan literasi pelaku UMKM atas sistem aplikasi pencatatan dan pelaporan keuangan Bank Indonesia SIAPIK. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis. Namun belum semua pelaku UMKM mengetahui dan memahami prinsip kerja sistem tersebut. "Diharapkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini para pelaku UMKM JAWARA dapat meningkatkan kemandirian dan keterampilan keuangannya, membantu mereka dalam menyiapkan laporan keuangan yang merupakan salah satu syarat dalam memperoleh tambahan modal, sehingga pada akhirnya dapat mempertahankan kelangsungan usaha mereka," ujar Utami.

Turut hadir di acara tersebut pihak Jawara yang diwakili oleh Nisvia, Koordinator Jawara Kecamatan Cinere. Dia menyampaikan, melalui kemampuan menggunakan aplikasi SIAPIK, peserta juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pencatatan dan pengelolaan keuangan yang semula manual menjadi mengikuti perkembangan teknologi digital.

Sebelum pelatihan dimulai, peserta melalukan tes awal untuk mengetahui pemahaman peserta terkait aplikasi SIAPIK. Selama pelatihan, peserta juga mendapat pendampingan dari mahasiswa D4 Akuntansi Keuangan PNJ.

Ketua Umum Jawara Depok, Ubaidilah mengatakan, apa yang dilakukan PNJ sangat bermanfaat bagi member Jawara. "Semoga ke depan semakin banyak anggota Jawara yang dilatih serta semakin banyak materi yang diberikan," ujarnya. (*1)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image