GMU Depok Gelar Sekolah Literasi untuk UMKM

Kabar  
Peserta Sekolah Literasi GMU berpose dengan narasumber Andi Nur Aminah, usai kegiatan dilaksanakan, Kamis (10/8/2023) di Kafe Sapu Lidi, Depok.
Peserta Sekolah Literasi GMU berpose dengan narasumber Andi Nur Aminah, usai kegiatan dilaksanakan, Kamis (10/8/2023) di Kafe Sapu Lidi, Depok.

DEPOK -- Gerakan Muda Usaha (GMU) Kota Depok menggelar kegiatan Sekolah Literasi, Belajar Menulis yang Baik, Kamis (10/8/2023). Kegiatan Belajar Menulis yang Baik ini diikuti peserta UMKM yang tersebar di Kecamatan Limo, Beji dan Cinere. Kegiatan bertema "Kreatif Menulis Kisah Sukses" ini diadakan di Kafe Sapu Lidi, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Sekolah Literasi didukung penuh oleh founder GMU, Ubaidilah. Dukungan ini di berikan dengan support yang terus menerus dalam setiap program yang di selenggarakan oleh GMU untuk UMKM. Ubaidilah menyampaikan, UMKM harus sudah mulai bisa menceritakan kisah suksesnya dengan menulis. "Saya berharap, dengan ilmu dan skill menulis yang dimiliki para pelaku usaha, maka UMKM mampu meningkatkan omset usahanya maupun usaha rekan-rekan UMKM lainnya," ujar Ubaidilah.

Dalam Program Sekolah Literasi untuk UMKM ini, hadir sebagai narasumber Andi Nur Aminah, seorang Praktisi Media yang juga pelaku usaha. Perempuan yang akrab disapa Ina ini menjelaskan cara teknis penulisan berita, cara jitu menulis kisah sukses, serta kiatnya menembus media.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ina yang pernah bekerja di media Republika selama 26 tahun ini mengharapkan pelaku usaha juga bisa mengasah keterampilan menulis. Sebab menurut dia, keterampilan menulis bisa secara tidak langsung membantu pelaku usaha mempromosikan produk-produk mereka lewat media tulisan. "Semoga dari acara ini peserta bisa menghasilkan tulisan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik, sehingga bisa di terapkan di lingkungan masing-masing, juga dipakai untuk mempromosikan produk sendiri," kata Ina.

Salah satu peserta dari Kecamatan Cinere, M Fariz memberikan testimoni dari pendampingan ini. "Saya berharap setiap peserta bisa mendeskripsikan usaha masing-masing agar dapat dijadikan bahan promosi usahanya," ujarnya.

Kordinator GMU Triwahyu Wibowo Wicaksono sebagai inisiasi program ini berharap dari Sekolah Literasi GMU, nantinya akan menjadi komunitas UMKM yang menghasilkan SDM berkualitas. "Tujuan dari program ini adalah anggota GMU bisa memberikan dampak positif dari tulisan-tulisan yang di buat untuk kemajuan UMKM di kota Depok," ujar Triwahyu.

GMU merupakan komunitas UMKM yang belum satu tahun berdiri. Meski terbilang baru, komunitas UMKM ini telah menghadirkan banyak program untuk UMKM. Antara lain Sekolah Literasi, juga beberapa program yang sudah terlaksana yaitu Sekolah Digital, Sekolah Laporan Keuangan dan Bootcamp Enterpreneur. (*1)

-------

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image