Booth Ikafe Unhas tak Pernah Sepi Saat Ajang Indonesia Summer Festival dan Mini Expo di Astana

Kabar  

JAKARTA -- Sebuah terobosan dilakukan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Unhas yang melaksanakan Global Visit ke Kazakhstan dan Uzbekistan. Kunjungan tersebut dilaksanakan 12 hingga 19 Juli 2023 lalu. Rombongan ini berpartisipasi dalam event "Indonesia Summer Festival dan Mini Expo" yang berlangsung di Rumah Budaya KBRI Astana.

Dalam kesempatan tersebut, Ikafe Unhas berperan membawa dan memperkenalkan puluhan produk UKM atas dukungan Jamkrindo dan Askrindo. Selain itu, delegasi yang dipimpin Ketua Umum Ikafe Unhas, Hendra Noor Saleh, juga memperkenalkan kampus Unhas, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Hendra mengatakan, kegiatan ini merupakan perluasan network, misi dagang, pendidikan, budaya juga religi. "Alhamdulillah, pencapaiannya melampaui ekspektasi saat program ini dirumuskan," ujarnya, dalam siaran pers Selasa (15/8/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sekjen Ikafe Unhas, Mohammad Suaib Mappasila menjelaskan, saat expo berlangsung, booth Ikafe Unhas, tak pernah sepi. Silih berganti tamu Kazakhstan datang untuk mendapatkan informasi.

Bahkan produk UKM yang dipamerkan, langsung ludes dalam hitungan jam. Produk yang dipamerkan antara lain kopi, sarabba, jahe, aneka souvenir hingga pupuk.

"Wah, potensinya besar sekali. Tahun depan, produk UKM yang dibawa harus lebih banyak dan variatif," ujar Suaib.

Salah satu delegasi Ikafe Unhas, Samsuddin Laga yang merupakan pengusaha nasional pupuk yang bermarkas di Surabaya, mengaku girang alang-kepalang. "Saya langsung ketemu mitra dagang. Kazakhstan dan Uzbekistan ini adalah pemasok bahan baku pupuk non-urea terbesar di dunia. Acara ini sangat bagus dan positif," kata Samsuddin.

Pengusaha asal Enrekang ini mengaku terharu saat menerima plakat penghormatan dari Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Mochammad Fadjroel Rachman. Lebih jauh, Samsuddin pun berharap bisa membuka kantor cabang di Astana dalam waktu dekat.

Pembukaan acara tersebut berlangsung semarak dan meriah. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh antara lain Wakil Menlu Kazakhstan Kanat Tumysh, Deputi Menteri Luar Negeri Kanat Tumush, Wakil Ketua MUI Kazakhstan Kenzhegale Merzabaev dan ratusan tamu VIP Kazakhstan. Acara ini juga dihadiri delegasi Indonesia yang mencapai lebih dari 50 orang. Selain dari Ikafe Unhas, tampak juga utusan Pemda Kaltim, kampus ISI Yogya, Universitas Negeri Yogyakarta, Forhati, Hanida, beberapa pengusaha nasional dan VIP lain.

"Inisiatif acara ini dilatari semangat untuk merayakan 30 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kazakhstan, juga 25 tahun Kota Astana, serta mensyukuri Sister City Ibu Kota Nusantara dan Astana yang ditandatangani 3 Juli 2023 lalu," sebut Fadjroel Rachman.

Dubes Fadjroel juga menguraikan berbagai manfaat dari pelaksanaan Indonesia Summer Festival dan Mini Expo ini. “Dalam konteks diplomasi budaya, kegiatan ini merupakan dialog kebudayaan dua negara sahabat, Indonesia dan Kazakhstan. Kegiatan ini juga memperkuat diplomasi pendidikan, seni budaya dan olahraga khususnya Pencak Silat dengan penandatanganan MoU," ujarnya. (*1).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image