Misi Pendidikan Ikafe Unhas Berkunjung ke Nazarbayev University Kazakhstan

Kabar  

JAKARTA -- Delegasi Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (Ikafe) Unhas, di sela kegiatan Indonesia Summer Festival dan Mini Expo di Astana juga melaksanakan misi pendidikan. Dalam misi pendidikan ini, rombongan yang dipimpin Ketua Umum Ikafe Unhas, Hendra Noor Saleh, diterima khusus oleh pimpinan Nazarbayev University di kampus utama Qabanbay Batyr-Astana, perguruan terbaik di Kazakhstan.

Ainun dari elemen pimpinan Nazarbayev University memperkenalkan program studi, perpustakaan canggih, dan kampus yang eco-friendly. "Bahasa pengantar kami menggunakan bahasa Inggris. Total mahasiswa saat ini 7.000-an. Dan hanya tiga persen mahasiswa asing. Kami membuka diri untuk calon mahasiswa dari Indonesia," ujar Ainun.

Dia menjelaskan di kampus tersebut, ada beasiswa, dan living cost yang sangat murah. "Karena ada subsidi dari pemerintah dan kampus," ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Misi pendidikan dan network Ikafe Unhas masih berlanjut dengan silaturahmi dengan pengurus PPI dan mahasiswa lokal. Ketua Umum PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Kazakhstan Julfi Annur begitu semangat memperkenalkan mitra mahasiswa lokal. Seperti Yermek Nagymetov, Assan Baitore, Abylaikan dan beberapa lainnya.

Kunjungan rombongan Ikafe Unhas ini cukup spesial. Mereka disambut langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Mochammad Fadjroel Rachman, beserta Poppy Rachman di bandara Nursultan Nazarbayev, Astana Kazakhstan.

"Kalau mengikuti protokol, duta besar hanya menjemput tamu di bandara haruslah sekelas menteri ke atas. Tapi untuk Ikafe Unhas, dan tim lain di momen yang sama, Bung Dubes membuat pengecualian," ujar Andi Zulkarnaen, sekretaris Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan.

Agenda utama Ikafe Unhas adalah berpartisipasi aktif di acara perdana "Indonesia Summer Festival dan Mini Expo" di Rumah Budaya KBRI Astana, 14-16 Juli 2023. Di sela kegiatan itu, Andi Zulkarnaen yang merupakan alumni Unhas, dilantik menjadi Ketua Ikafe Unhas untuk lima negara Asia Tengah di bandara Nursultan Nazarbayev. Pelantikan disaksikan pengurus Ikafe Unhas, Dubes dan ratusan calon penumpang yang akan check-in. "Ini bukan kondisi darurat. Tapi semua mantan aktivis FEB Unhas kenyang digembleng untuk lebih mementingkan esensi dibanding seremonial," ujar Hendra Noor Saleh.

Sekjen Moh Suaib Mappasila yang membacakan SK, menyebut masa bakti 2023 - 2027 serta wilayah tugas Asia Tengah meliputi Kazakhstan, Tajikistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Kyrgyzstan.

"Amanah ini saya terima sebagai sebuah kehormatan, dan Insya Allah saya akan berusaha memperluas dan memperkenalkan Ikafe Unhas di lima negara Asia Tengah," ujar Andi Zulkarnaen.

Perjalanan selanjutnya terasa sangat mengesankan karena duet milenial Ikafe Unhas, Ryan Saputra dan Khun Agung Sumarno yang menjadi pengendali tur, menggabungkan antara wisata religi, pasar modern dan etnik, tempat bersejarah, nuansa pendidikan dan sport. Rombongan dibawa mengunjungi sejumlah tempat antara lain Bayterek Tower Astana; Makam Imam Al-Buchori Samarkand; Magic Park Tashkent,; Chorsu Bazaar Tashkent; Registon Zargaron Samarkand; Amir Temur Tashkent dan Samarkand; Mall Khan Shatyr dan Mega Silk yang spektakuler di Astana; Tashkent Lakeside Golf; Grand Mosque Nursultan Astana; Hazrati Imam Complexi, Tashkent; Lavash Food, Jyldam Tagam; Kompleks Shohi Zinda Samarkand (diriwayatkan ialah makam sepupu Rasulullah); The Place and Reconsilition Astana; Eurosia Mega Mall, Astana; Siyop Bazar dan Cheburechnaya Samarkand; Minor Mosque yang merupakan masjid indah dan serbaputih di Kota Tashkent.

"Kunjungan ini menegaskan semangat global visit Ikafe Unhas, untuk mempelajari dan menghormati keberagaman agama serta warisan budaya yang dimiliki Kazakhstan dan Uzbekistan," tutup koHen, panggilan akrab Ketua Umum Ikafe Unhas yang tetap riang gembira walau acara sangat padat dan melelahkan.

Global Visit Ikafe Unhas rencananya akan menjadwalkan kunjungan berikutnya ke Britania Land di musim dingin. Selain itu juga akan dilanjutkan umrah bersama. (*1)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image