IKA Unhas Jabodetabek Tanam 500 Pohon di Kawasan GOR Pakansari Bogor

Kabar  

BOGOR -- Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) di wilayah Jabodetabek melaksanakan kegiatan penghijauan di sekitar kawasan GOR Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Ahad (20/8/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Merdeka Cup 2023 yang digelar dalam beberapa kegiatan seperti baksos penanaman tanaman penghijauan, temu alumni, pertandingan olahraga, jalan sehat dan nonton bareng.

Ketua Ika Unhas Jabodetabek, Muhammad Ismak mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud bakti alumni untuk negeri. Kegiatan dilaksanakan atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Bogor, Ika Unhas Jabodetabek dan Balai DAS Wilayah Bogor sebagai sumber bibit.

Ismak mengatakan acara Merdeka Cup IKA Unhas wilayah Jabodetabek merupakan agenda tahunan alumni Unhas di Jabodetabek. Kegiatan ini, selalu melakukan kerja sama dengan berbagai instansi terkait di Jabodetabek. Dan tahun ini adalah melakukan penghijauan di Kabupaten Bogor. "Semangat ini menunjukkan dimanapun keberadaan alumni Unhas, bakti untuk negeri menjadi wujud pengabdian untuk almamater tercinta," ujar Ismak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terdapat sebanyak 500 pohon yang ditanam. Masing-masing 250 batang jenis Tabebuya dan 250 batang lagi pohon Ketapang Kencana. Aksi penanaman pohon IKA Unhas Jabodetabek ini juga sebagai bentuk kepedulian akan ancaman El nino dan kualitas udara kota Jakarta dan sekitarnya.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Bambang memberikan apresiasi yang tinggi kepada IKA Unhas Jabodetabek. "Luar biasa, Unhas ini jauh adanya di Makassar sana, tapi mereka memikirkan lingkungan di sini," ujar Bambang saat memberikan sambutan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, berharap pohon yang sudah ditanam agar dipelihara dengan baik supaya tumbuhnya juga baik. Dia pun mengharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan di tempat lain di Kabupaten Bogor. Ajat juga mengajak alumni kampus lain untuk melakukan kegiatan seperti yang dilakukan IKA Unhas.

Ketua Umum IKA Unhas yang juga mantan menteri pertanian RI, Andi Amran Sulaiman mengapresiasi kegiatan alumni di Kabupaten Bogor. Amran mengatakan, IKA Unhas akan selalu memberikan manfaat bagi lingkungan yang tentunya berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Dia menjelaskan, tanaman setiap saat mengeluarkan oksigen bagi manusia. Dan ini merupakan hal yang sangat positif.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua IKA Pertanian Arifin Tasrif yang juga dosen Polbangtan Bogor, Ketua IKA Proteksi Tanaman AM Adnan juga selaku Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Barantan.

Awaluddin mewakili Ketua IKA Unhas Jabodetabek usai melakukan penanaman pohon mengucapkan terima kasih kepada penitia yang telah berusaha dengan baik sehingga kegiatan berlangsung dengan lancar. "Semoga ini menjadi amal ibadah dan menjadi tanda mata alumni Unhas di Kabupatem Bogor. Inilah bakti IKA Unhas untuk negeri," ujarnya.

Koordinator kegiatan bakti sosial, Abdul Rahman mengatakan, lokasi penanaman pohon yang dipilih sudah sesuai dengan tata ruang Kabupaten Bogor yang memang diperuntukkan untuk ruang terbuka hijau. "Sudah atas rekomendasi dari DPKPP," ujarnya.

(*1).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image