Eis Rahmawati, Hadiri Pembahasan Ranperda tentang PKL dan Usaha Mikro di DPRD Kota Depok

Kabar  

DEPOK -- IWAPI Kota Depok mengutus Wakil Ketua IWAPI yaitu Eis Rahmawati yang juga Ketua IWAPI Ranting Kecamatan Bojongsari mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada Rabu ( 29/11/2023) di ruang rapat paripurna DPRD Kota Depok. RDP tersebut membahas mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pemberdayaan dan penataan pedagang kaki lima, serta Ranperda perlindungan, pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro.

Adapun tujuan rapat dengar pendapat untuk mendapatkan masukan dan saran terhadap Ranperda Kota Depok tentang pemberdayaan dan penataan pedagang kaki lima, serta terhadap rancangan peraturan daerah Kota Depok tentang pelindungan, pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro. Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi B DPRD Kota Depok, Yuni Indriani.

Eis yang akrab disapa dengan sebutan Bunda Rahma ini memberikan masukan atau saran kepada pemerintah dan jajaran dewan agar memperhatikan para pedagang kaki lima (PKL). "Sering selama menemukan pedagang yang menjajakkan dagangannya dengan berjalan kaki dimana usia juga sudah tua dan ada pula yang bersepeda serta lainnya. Mereka semua begitu ditanya mengaku tak pernah mendapatkan bantuan atau bansos apapun," ujar Eis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika diperhatikan ada cukup banyak kesenjangan dimana banyak pedagang yang ekonomi lemah tak terperhatikan. Selain itu juga Eis sempat menyampaikan terkait dengan adanya lahan fasos fasum agar bisa dimanfaatkan untuk menjadi wadah atau media para UMKM dan pedagang kaki lima berjualan.

Eis juga menyampaikan adanya keluhan di Pasar Rakyat atau Pasar Jawara yang berlokasi di Sawangan. Menurut Eis, banyak pedagang yang mengeluh berdagang di sana sepi sehingga tidak bisa menutupi modal apalagi untuk modal sewa kios. " Seringkali bahkan dalam sehari tidak ada pembeli," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta hal ini mendapat perhatian khususnya oleh pemerintah dan anggota legislatif, terutama pansus 5. Agar serius dan segera menemukan solusi supaya pedagang tetap bisa berjualan dalam keseharian.

"Mari bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi agar tatanan pertumbuhan dan perkembangan perekonomian menjadi lebih baik lagi di Kota Depok Khususnya," tambah Eis.

Eis Rahmawati mengaku bahagia dan senang mengikuti rapat dengar pendapat. Eis selama lebih dari enam tahun dalam keseharian sangat aktif membantu dan mensupport para pejuang ekonomi khususnya ekonomi lemah baik pelaku usaha mikro atau UMKM dan juga pedagang kaki lima.

Eis berharap semoga hasil penggodokan Ranperda tersebut bisa cepat dilaksanakan. Sehingga para UMKM dan Pedagang Kaki Lima ke depan semakin berkembang dan omzetnya meningkat.

Eis merupakan calon legislatif DPRD Kota Depok dari partai Nasdem. Adapun daerah pemilihannya adalah Dapil 6 meliputi Kecamatan Sawangan, Kecamatan Bojongsari dan Kecamatan Cipayung. Eis meminta doa restu dan dukungan warga kota Depok, khususnya Dapil 6. "Semoga saya bisa menjalankan amanah untuk mengikuti kontestasi ini dengan baik. Gunakan hak suaranya, jangan Golput karena satu suara adalah satu harapan," ujarnya. Dia juga mengimbau kepada seluruh yang terlibat untuk saling menjaga agar menjalankan PEMILU ini dengan damai, jujur, adil dan beradab. (*1)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image