Sejumlah Pelaku Usaha Bojongsari Ikuti Pelatihan Digital Marketing di Bandung

UMKM  
Camat Bojongsari, Rizal Farhan didampingi Sekcam Suhendar, Kasi Ekbang Kecamatan Bojongsari Iwan, koordinator pendamping WUB Kecamatan Bojongsari Hidayah Rima dan narasumber pelatihan Digital Marketing berpose bersama peserta pelatihan di Hotel Sunshine Resort and Convention,.Bandung, Jumat (23/2).
Camat Bojongsari, Rizal Farhan didampingi Sekcam Suhendar, Kasi Ekbang Kecamatan Bojongsari Iwan, koordinator pendamping WUB Kecamatan Bojongsari Hidayah Rima dan narasumber pelatihan Digital Marketing berpose bersama peserta pelatihan di Hotel Sunshine Resort and Convention,.Bandung, Jumat (23/2).

BANDUNG -- Sebanyak 55 pelaku usaha dari UMKM dan Wira Usaha Baru (WUB) Kecamatan Bojongsari, Kota Depok mengikuti pelatihan Digital Marketing. Pelatihan yang dilaksanakan di Grand Sunshine Resort and Convention, Bandung, Jawa Barat ini dibuka oleh Camat Bojongsari, Rizal Farhan, Jumat (23/2/2024).

Rizal dalam sambutannya mengatakan, pelatihan Digital Marketing 2024 untuk UMKM menjadi salah wujud perhatian pemerintah guna meningkatkan omzet pelaku usaha. Dia menjelaskan, pasca Covid-19, pemerintah terus berupaya menggerak ekonomi masyarakat yang saat itu berada di titik nadir.

"Wali Kota Depok kemudian menginisiasi program Wirausaha Baru (WUB) untuk menciptakan pengusaha-pengusaha baru. Dan ternyata hasil evaluasinya mencapai 125 persen," ujar Rizal.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Camat Bojongsari juga berharap terus bertumbuhnya pelalu usaha dan UMKM melalui WUB bisa mewujudkan mimpi bersama. Rizal menyebutkan setiap kelurahan di Bojongsari memiliki potensi yang perlu dikembangkan. "Di Bojongsari ini, saya punya mimpi bersama bagaimana menghidupkannya melalui digital marketing. Kita akan punya alun-alun, maka UMKM harus ambil peranan. Kita akan buat seperti di Yogya, misalnya orang keluar dari alun-alun, nanti akan mencari cireng, mencari ikan hias dan lain-lain," ujarnya.

Rizal menaruh harapan kepada UMKM agar bisa seiring sejalan dengan konsep pembangunan yang sedang dirancang pemerintah. "Sudah harus kita siapkan jauh-jauh hari, jangan kita hanya jadi penonton, jangan hanya bolu kukus dari Bogor atau makanan Korea yang bermunculan," ungkapnya.

Selain diikuti oleh pelaku usaha UMKM dan alumni WUB, kegiatan ini juga dihadiri oleh sebagian ASN kecamatan Bojongsari. Tiga orang narasumber hadir memberikan materi pelatihan. Mereka adalah Akbar dan Fahmi dari Diskominfo Kota Depok, serta Andi Nur Aminah, jurnalis senior dan praktisi media.

Di hadapan para peserta, Akbar menyampaikan bagaimana cara yang baik untuk menjadi seorang konten kreator. Dia mengupas secara singkat mulai dari ide konten, membuat foto produk yang baik agar bisa menghasilkan konten yang orisinal dan kreatif. Narasumber selanjutnya adalah Fahmi yang menyampaikan materi terkait Keamanan Digital. Antusiasme peserta cukup tinggi apalagi Fahmi menyampaikan tips dan trik melindungi keamanan akun-akun media sosial dari peretasan.

Pada sesi terakhir, peserta diajarkan Membuat Press Release yang diisi oleh Andi Nur Aminah yang biasa disapa Ina. Ketua UMKM Bosama membongkar rahasia bagaimana membuat penulisan berita yang tepat sasaran agar menarik untuk dibaca serta konten-konten apa saja yang memiliki nilai berita yang berpeluang dimuat di media. Peserta kemudian diajak mengasah kemampuan menulis agar dapat lebih efektif dalam menyampaikan pesan dan informasi terkait usaha masing-masing.

Salah seorang peserta pelatihan Digital Marketing, Ananda Yuan berharap setelah mengikuti pelatihan ini, dia bisa menerapkan ilmu yang didapatkan untuk meningkatkan skala usaha mereka. "Dengan pengetahuan baru tentang pemasaran digital dan keterampilan menulis yang diperoleh, semoga saya bisa lebih efektif dalam mempromosikan produk dan usaha di era digital saat ini," kata Yuan.

Yuan pun menilai kegiatan ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kota Depok, khususnya dari Kecamatan Bojongsari untuk mendukung perkembangan UMKM dan wirausaha di Kecamatan Bojongsari. "Semoga pelatihan ini menjadi bekal berharga untuk sukses dan berkembang di dunia bisnis digital yang semakin kompetitif," ujarnya.

Sementara itu, peserta lainnya Istina Rembulan mengatakan, setelah mengikuti program pelatihan ini dia berharap bisa melakukan pemasaran digital marketing sesuai prinsip-prinsip acuannya. "Kami peserta UMKM dan WUB sangat puas dan senang dengan pelatihan Digital Marketing di hotel Grand Sunshine ini. Harapan kami ke depannya agar peserta UMKM dan WUB tetap disupport oleh DKUM Pemkot Depok, sehingga dapat meningkatkan perkembangan ekonomi pemerintah kota Depok pada umumnya," ujarnya. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image