Ervina, Pernah Nekat Berjualan Salad Keliling Door to Door

UMKM  

Nama saya Ervina, tapi orang-orang memanggil saya Vina. Saya berdomisili di Jalan Dewi sartika No 34 Pancoran Mas, Depok.

Awalnya, saya seorang karyawan yang bekerja di sektor industri pariwisata. Tapi saat kondisi pandemi 2020 lalu, terpaksa saya banting setir dan memutuskan fokus berwirausaha.

Kini, saya merintis usaha kuliner dengan nama GenYao FnB. Fokusnya di bidang kuliner dengan olahan buah, contohnya salad buah, dan es jelly. Saya juga memroduksi makanan seperti macarony schotel. Adapun harga bermacam produk tersebut mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 300 ribu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dunia kuliner sebelumnya tidak begitu rajin saya geluti. Walaupun sebetulnya, saya sudah memulai usaha buka PO makanan pada saat saya bekerja.

Lantas pandemi memang mengubah segalanya. Pandemi membuat saya berpikir dan mengajarkan saya hal-hal baru sehingga akhirnya tercetuslah usaha GenYao FnB yang merupakan rebrand dari nama terdahulunya Meemom’s Kitchen.

Best selling product GenYao adalah salad buah dan macarony schotel. Khusus di salad buah, saya memilih membeli buah segar di pasar buah tradisional. Selanjutnya, proses pembuatannya buah diseleksi kemudian dipotong-potong. Langkah berikutnya adalah mencampur bahan dan saus, pengemasan, sampai ke distribusi kepada direct customer maupun reseller.

GenYao FnB menjalankan usaha awalnya hanya dengan modal sebesar Rp 500 rupiah. Saya pun bekerja hanya menggunakan alat-alat dapur yang seadanya di rumah. Lambat laun, akhirnya secara perlahan saya bisa melakukan penambahan aset sedikit demi sedikit. Omzet pun perlahan mulai naik, sehingga modal untuk membuat pesanan juga makin meningkat.

Membangun brand GenYao boleh dibilang cukup berliku. Saya yang awalnya tidak begitu paham dunia perkulineran menjadi kendala. Perjalanan wirausaha kuliner saya boleh dibilang modal nekat dan rajin eksperimen juga rajin mencari referensi.

Suatu ketika, saya ditemani seorang sahabat, nekat berjualan keliling dengan kendaraan seadanya. Kami menawarkan produk secara door to door ke perusahaan-perusahaan tempat teman-teman kami bekerja. Kadang berhenti dari satu parkiran ke parkiran kantor lainnya demi mengenalkan produk hasil olahan dapur kami.

Dari langkah door to door itu, terselip harapan semoga ada yang repeat order. Setelah setahun berjuang, hasilnya mulai terlihat. Rekan -rekan kantor tempat kami jualan secara berkala menghubungi kami untuk memesan produk. Sampai saat ini, kami masih terus mengembangkan jaringan dan terus mengembangkan sayap wirausaha.

Salad buah GenYao FnB
Salad buah GenYao FnB

Lalu, saat mendapat informasi adanya program Wirausaha Baru Depok 2022, saya pun memutuskan untuk ikut serta. Saya mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari pelatihan, pendampingan dan lainnya. Semoga program yang digagas Pemkot Depok ini dapat memberi dampak positif bagi perkembangan usaha saya kelak.

Saya pun teringat kata motivasi dari bapak Wakil Wali kota Depok, Imam Budi Hartono. Beliau menyapaikan, habiskan masa gagalmu di usia muda, terus optimistis pantang menyerah. Jadilah pahlawan bagi keluarga dan masyarakat sekitarmu.

Prospek ke depan, kami optimistis dapat terus berkompetisi sekaligus berkolaborasi dengan pengusaha kuliner lainnya. Tentunya saya berharap bisa terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan zaman sehingga produk GenYao akan terus eksis.

Banyak pelanggan kami mengaku, salad buah dan macarony schotel GenYao FnB memiliki rasa yang dominan dan taste berbeda. Itu sering mereka sampaikan sehingga selalu repeat order produk kami. Saya pun selalu terbuka dan menerima input dari pembeli. Mereka rata-rata menilai rasa segar dan creamy yang ada di salad buah GenYao berbeda dari salad buah lainnya. Hal itulah yang membuat mereka ketagihan untuk kembali membeli lagi dan lagi.

Saus dari salad buah yang saya buat, telah mengalami berbagai eksperimen. Dari situlah, akhirnya saya menukan formula dan racikan yang pas sehingga menghasilkan rasa yang berbeda. Saya pun pernah mencoba studi banding dengan produk serupa dari produsen yang berbeda.

Produk salad buah GenYao FnB pernah dicoba salah satu artis, Barbie Kumalasari. Kami pun sudah mendapatkan kepercayaan dari para karyawan di beberapa perusahaan sebagai teman untuk dessert di siang dan sore hari. Serta saat ini memiliki reseller di beberapa kota di Jabodetabek.

Kini, sambil berjualan offline, saya juga menjalanakan promo-promo di sosial media seperti Gofood, Grabfood, Shoppeefood, Traveloka Eats, Digiresto atau ke akun Instagram @genyaofnb.

Teruntuk teman-teman UMKM lainnya, mari kita terus mengepakan sayap usaha kita, jangan menyerah dan terus melakukan yang terbaik agar dapat bermanfaat dan berdampak bagi banyak orang lain terutama untuk keluarga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image